Polres Malang Tingkatkan Pencegahan Perundungan Siswa di Kabupaten Malang

MALANG – Polres Malang terus meningkatkan upaya pencegahan terhadap perilaku perundungan yang menimpa siswa usia sekolah di Kabupaten Malang. Salah satu langkah konkret dilakukan oleh Polsek Singosari dengan mengadakan sosialisasi anti-perundungan di Kelurahan Losari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pada Senin (10/6/2024).

Sosialisasi yang dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Losari, AIPTU Anik, tersebut dihadiri oleh sejumlah warga setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak negatif perundungan serta cara-cara efektif untuk menghadapi dan mengatasi perilaku tersebut.

Dalam sosialisasi ini, AIPTU Anik menekankan pentingnya peran serta semua pihak, termasuk orang tua, guru, dan masyarakat, dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi perkembangan anak-anak. Ia juga memberikan penjelasan mengenai berbagai bentuk perundungan yang sering terjadi, baik secara fisik maupun verbal, serta bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda anak yang menjadi korban perundungan.

“Perundungan memiliki dampak yang sangat merugikan bagi perkembangan psikologis anak. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan yang tepat harus dilakukan sejak dini,” ujar AIPTU Anik di hadapan para peserta sosialisasi.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, dalam keterangannya menegaskan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari komitmen Polres Malang untuk melindungi anak-anak dari bahaya perundungan. Menurutnya, selain memberikan imbauan tentang dampak negatif perundungan, sosialisasi ini juga mengajarkan cara-cara efektif bagi siswa dan orang tua untuk menghadapi situasi perundungan.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bebas dari perundungan. Dengan demikian, anak-anak bisa belajar dan berkembang dengan optimal tanpa rasa takut,” kata Ipda Dicka.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari warga setempat. Mereka mengapresiasi langkah Polres Malang dan Polsek Singosari dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Malang.

Dengan adanya sosialisasi anti-perundungan ini, Polres Malang berharap dapat menurunkan angka kasus perundungan di lingkungan sekolah serta membangun generasi muda yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi. Polres Malang juga berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya preventif lainnya guna menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *